Minggu, 16 Agustus 2015

lubabul hadits bab ke - 22 keutamaan bertasbih



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Tidak ada seorang laki-laki di atas bumi yang mengucapkan La ilaha illallah wallahu Akbar wa subhanallah walhamdulillah wa laa quwwata illa billah terkecuali dosa-dosanya diampuni walaupun bagaikan buih lautan". (HR. Ibnu Amr)
2.       Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa mengucapkan subhanallahi wa bihamdihi seratus kali maka dihapus kesalahannya walaupun bagaikan buihnya lautan". ( HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah )
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Subhanallahi itu setengah timbangan, alhamdulillahi itu memenuhi timbangan, allahu akbar itu memenuhi langit dan bumi, Laa illaha illallah tidak ada tabir maupun penghalang sehingga bisa sampai kepada Tuhannya Azza wa Jalla". ( HR. Sijzi Ibnu Amr )
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa membaca tahlil seratus kali, membaca tasbih seratus kali dan membaca takbir seratus kali maka itu lebih baik daripada memerdekakan sepuluh orang budak (raqabah) dan berkuraban tujuh ekor unta (badanah)". ( HR. Ibnu Abu Dunya dan Ibnu Abu  Syaibah dari Anas)
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa mengucapkan subhanallahi walhamdulillahi walaailaha illallahu wallahu akbar wala quwwata illa billahil aliyyil azhim seratus kali maka Allah SWT menulis untuknya seratusribu kebaikan, menghapus seratusribu kejelekan dan mengangkanya seratusribu derajat".
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa mengucapkan subhanallahi hingga akhirnya maka dosa dan kesalahannya rontok bagaikan rontoknya dedaunan".
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa mengucapkan subhanallahi Rabbiyal `azhiimi maka ditanam baginya sebuah pohon di surga karena ucapannya". ( HR. Ibnu Hibban dan Hakim dari Jabir)
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa mengucapkan subhana Rabbiyal A`laa maka diampuni dosa-dosanya dan dimasukan kedalam surga".
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Bertasbih itu mendatangkan rizki.
10. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Dua kalimat yang ringan pada lisan, berat pada timbangan dan dicintai  Ar-Rahman adalah subhanallahi wa bihamdihi dan subhanallahil adhim". ( HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar